CASE STUDIES

jasaraharja - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT JASA RAHARJA (Persero)

CHALLENGES

  • Nama BRAND Perusahaan Kalah dengan Perusahaan Tol
  • Brand kurang dikenal di kalangan anak muda
  • Penulisan berita masih sering salah

SOLUTIONS

  • Penguatan brand dengan melibatkan inluencer dari kalangan anak muda
  • Penguatan brand dengan iklan di media sosial dan tv
  • Direksi memberikan edukasi lewat televisi dengan gaya santai
  • Pendampingan untuk menetralisir isu-isu negative

IMPACT

  • Semakin banyak anak muda yang kenal brand
  • Semakin sedikit kesalahan penyebutan nama
  • Kesalahan penulisan berita semakin jarang terjadi
  • Memenangkan penghargaan
ptpn - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

HOLDING PERKEBUNAN PTPN III

CHALLENGES

  • Mengubah persepsi publik tentang perusahaan perkebunan yang dulu terus merugi menjadi perusahaan yang profit
  • Publikasi di media sosial dan media online masih belum memadai
  • Sering terjadi pemberitaan negatif terkait upaya penguasaan lahan

SOLUTIONS

  • Membangun strategi komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan publik
  • Media sosial dikelola dengan baik dan pemberitaan di media online dibuat terpusat sesuai kebutuhan
  • Membuat pelatihan penanganan pemberitaan negatif dan bagaimana menghadapi media, serta kerja sama dengan Key Opinion Leader untuk menguatkan pemberitaan yang positif

IMPACT

  • Holding Perkebunan PTN III aktif mempublikasi berita capaian positif dan menjalin hubungan baik dengan media
    Tampilan media sosial
  • Holding Perkebunan jauh lebih baik dari segi tampilan, konten dan konsisten membuat konten baru
  • Holding Perkebunan PTN III masuk dalam lima besar BUMN yang aktif di media terpercaya
pln - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT PLN (PERSERO)

CHALLENGES

  • Kehadiran PLN di media sosial masih kurang maksimal baik dari segi kuantitas maupun kualitas konten, termasuk engagement yang rendah
  • Aplikasi PLN Mobile belum digunakan maksimal oleh pelanggan, dari segi download maupun lama pemakaian
  • Live streaming, konten video, dokumentasi video belum dikelo dengan baik

SOLUTIONS

  • Perbaikan konten pilar dan variasi konten dibuat lebih variatif dan menarik dilihat, termasuk membuat konten edukasi
  • Membuat konten lebih menarik dan variative, serta promosi lebih kuat tentang PLN Mobile
  • Pengelolaan dengan SOP tentang live streaming, konten video kekinian, dan ditangani secara professional

IMPACT

  • Media sosial PLN lebih menarik, berkelanjutan, relevansi konten, interaksi dan keterlibatan dengan pelannggan jauh lebih baik
  • Aplikasi PLN Mobile menjadi lebih sering digunakan dan mencapai target jumlah pemakai dan lama pemakaian
  • Live streaming bisa dilakukan dengan teratur dan berjalan dengan baik. Konten video (Reels dan Tiktok) banyak yang viral sampai jutaan viewers
commuter - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT KERETA COMMUTER INDONESIA

CHALLENGES

  • Disain layout majalah C-New belum maksimal
  • Minat pegawai KAI Commuter membaca majalah internal C-News rendah
  • Majalah C-News belum cukup memiliki daya saing untuk berkompetisi pada ajang penghargaan majalah internal

SOLUTIONS

  • Disain layout majalah dibuat semakin apik dengan gaya disain kekinian
  • Dilakukan survey pembaca dengan cara menyebarkan kuesioner ke seluruh pegawai, memintai penilaian pembaca terhadap majalah C-News
  • Pemaksimalan disain layout dan pembuatan halaman muka (cover) yang menarik

IMPACT

  • Tampilan majalah lebih optimal – atraktif, sarat simbol dan makna
  • Konten majalah lebih sesuai dengan gaya dan minat pegawai, sehingga meningkatkan minat baca
  • Penyempurnaan disain layout dan halaman muka membuat majalah C-News memenangkan sejumlah penghargaan majalah internal
kominfo - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (KOMINFO)

CHALLENGES

  • Kominfo membutuhkan konten audio visual dari humas kementerian/ lembaga pemerintah berbagai wilayah Indonesia yang memenuhi standar kelaikan
  • Tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dari berbagai wilayah di tanah air belum sepenuhnya memahami standar konten audio visual
  • Kominfo membutuhkan buku dan video mengenai standardisasi konten audio visual untuk humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Kominfo ingin mempublikasikan audio visual yang ada banyak lembaga pemerintah dalam satu kanal

SOLUTIONS

  • Pemberian pemahaman mengenai pentingnya pemenuhan standar kelaikan dalam produksi konten audio visual humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah untuk memenuhi standar konten audio visual
  • Pembuatan buku dan video panduan Standardisasi Konten Audio Visual bagi humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Pembuatan stasiun tv yang menjangkau ke pelosok Indonesia

IMPACT

  • Humas kementerian/ lembaga pemerintah semakin menyadari akan pentingnya pemenuhan standar kelaikan produksi konten audio visual
  • Kemampuan tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dalam membuat konten audio visual yang memenuhi standar kelaikan semakin meningkat
  • Lahirlah buku dan video Standardisasi Konten Audio Visual, yang menjadi panduan bagi tenaga-tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah di seluruh Indonesia
  • Lahirlah GPR TV
kemenpu - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

KEMENTERIAN PUPR

CHALLENGES

  • Media sosial belum terintegrasi
  • Jumlah pemberitaan masih kurang banyak dibanding kementerian lain
  • Membuat narasi yang lebih humanis karena yang dikerjakan Kementerian PUPR sifatnya sangat bersifat kebendaan
  • Mengumpulkan dokumentasi (video & foto) Kementerian PUPR yang berserakan untuk dijadikan program televisi
  • Komunikasi krisis masih sering terjadi di Kementerian PUPR

SOLUTIONS

  • Mengintegrasikan media sosial di bawah satu pintu akun resmi Kementerian PUPR
  • Membuat akun bayangan Kementerian PUPR (@infrastrukturkeren)
  • Mengusulkan Biro Kompu Kementerian PUPR lebih aktif membuat & menyebarkan rilis dengan menekankan manfaat pembangunan infrastruktur
  • Menjahit & mengedit footages Kementerian PUPR menjadi rangkaian program televisi PUPR TV yang tayang di kanal YouTube resmi Kementerian PUPR
  • Mengadakan workshop komunikasi krisis dengan pemateri juru bicara instansi terkenal di Indonesia

IMPACT

  • Media sosial Kementerian PUPR tampil lebih baik & mengalami peningkatan jumlah follower yang signifikan
  • Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR mendapatkan jumlah follower yang signifikan
  • Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR menjadi partner akun resmi dalam menjawab kritikan warganet
  • Jumlah pemberitaan Kementerian PUPR naik signifikan
  • PUPR TV kembali mengudara & mendapatkan jumlah subscriber yang signifikan (dari 50 ribu menjadi 120 ribu) selama 6 bulan
  • Komunikasi krisis di Kementerian PUPR bisa ditangani dengan sangat baik
menpanrb - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

KEMENTERIAN PAN-RB

CHALLENGES

  • Kurangnya saluran komunikasi di internal kementerian
  • Kurangnya media publikasi yang memuat capaian, prestasi, serta karya-karya yang dihasilkan karyawan kementerian
  • Penerbitan publikasi internal tidak konsisten dan terjadwal dan yang ada hasilnya alakadarnya
  • Banyak capaian kementerian dan program kementerian yang kurang dipublikasikan secara utuh
  • Kurangnya media edukasi bagi masyarakat terkait berbagai kebijakan kementerian

SOLUTIONS

  • Penerbitan majalah internal menambah saluran komunikasi, khususnya bagi kalangan internal kementerian
  • Penerbitan majalah internal lebih mengakomodasi publikasi karya, capaian, dan prestasi-prestasi karyawan secara mendalam dan terjadwal
  • Kualitas majalah internal mesti dikelola dengan lebih lebih baik
  • Buku menjadi salah satu berfungsi catatan sejarah yang penting bagi kementerian
  • Melalui buku, masyarakat menjadi lebih teredukasi secara baik karena informasi disampaikan secara utuh

IMPACT

  • Karyawan dan masyarakat menjadi lebih banyak pilihan dalam mengakses informasi
  • Kualitas majalah internal menjadi lebih baik
  • Jadwal penerbitan majalah lebih teratur dan konsisten
  • Masyarakat lebih paham terkait kebijakan yang dikeluarkan kementerian
  • Posisi kementerian di mata stakeholder lebih baik
bankindonesia - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

BANK INDONESIA

CHALLENGES

  • Media publikasi internal di Bank Indonesia hanya terbatas di kalangan pegawai yang sudah mengenal Majalah Kompak
  • Minat baca pegawai BI/Anggota IPEBI terhadap media internal berbagai platform dalam kategori sedang, membaca sesuai kebutuhan
  • Majalah KOMPAK dan minisite IPEBI memiliki segmen pembaca yang variatif dan bisa terpilah secara umur, versi cetak semua umur membaca, versi digital 70% pembaca dari 5.500 jumlah anggota, minisite masih sangat rendah tidak sampai 10%, di IG 1%

SOLUTIONS

  • Redesign reguler per tahun untuk majalah maksimal per periode kepemimpinan.
  • Minisite sudah bagus tinggal dibuat lebih simple dan tampil di ponsel lebih user friendly
  • Dilakukan survey pembaca/pengunjung untuk mendapatkan kritik dan saran serta engagement
  • Pengelola minisite yang aktif dan krearif

IMPACT

  • Tingkat keterbacaan media internal di berbagai platform lebih tinggi. Sesuai minat setiap karyawan
  • Konten majalah lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan pembaca/ pengunjung
  • Terbangunnya engagement pegawai/ anggota IPEBI terhadap wadah komunikasinya sendiri
logolg - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT LG INDONESIA

CHALLENGES

  • Fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door yang inovatif belum dipahami dan dikenal secara luas oleh konsumen
  • Bentuk pemasaran harus mencakup cara untuk mengedukasi calon konsumen tentang manfaat dan keunggulan fitur ini

SOLUTIONS

  • Pesan pemasaran yang disampaikan melalui video, agar sangat mudah dipahami dan dapat menggambarkan keunggulan produk dengan jelas
  • Pesan coba fokus pada manfaat unik yang ditawarkan oleh fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door ini
  • Konten haruslah yang menarik, informatif, dan kreatif, yang memperlihatkan secara visual fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door dan manfaatnya dengan melibatkan influencer

IMPACT

  • Pesan tentang kulkas kulkas LG InstaView Door-in-Door menyebar lebih luas dan mencapai lebih banyak konsumen potensial
  • Dengan menggunakan Influencer yang relevan, jangkauan jadi lebih luas dan memiliki basis pengikut yang besar
kementan - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

KEMENTERIAN PERTANIAN

CHALLENGES

  • Berita yang menyudutkan Kementerian Pertanian masih sering terjadi
  • Kinerja Kementerian Pertanian sering dibenturkan dengan kementerian lain
  • Berita-berita negatif bahkan terkadang menyudutkan personal pimpinan

SOLUTIONS

  • Pemberitaan tentang Kementrian Pertanian mesti lebih banyak yang menyuarakan isi positif
  • Tidak perlu head to head dengan kementerian lain, tetapi menunjukkan prestasi dan konsistensi kebijakan yang propetani
  • Melibatkan Key Opinion Leader untuk mengimbangi berita negatif

IMPACT

  • Berita negatif terkait program dan kinerja semakin positif
  • Semakin jarang perang opini dengan kementrian lain
  • Trend berita positif dan netral semakin banyak
nratravel - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT Nur Rima Alwali (NRA TRAVEL Grup)

Digital Marketing & Digital Communications

CHALLENGES

  • Pandemi menghentikan seluruh aktivitas dan operasional bisnis biro perjalanan umrah dan haji
  • Konten Media sosial tidak mampu meningkatkan leads dan calon jamaah (potential buyer)
  • Interaksi dan komen pada konten Media sosial tidak ditangani dengan baik
  • Unit Layanan pelanggan, tidak mampu melayani interaksi dengan jama’ah (potential buyer) di Media sosial
  • Konten Media sosial dan web tidak dikelola secara maksimal

SOLUTIONS

  • Manajemen Konten Media
  • Manajemen Iklan Media Sosial dengan Indikator Performa Utama (Key Performance Indicator -KPI)
  • Melakukan digital marketing secara organik dan berbayar
  • Manajemen Komunikasi Digital & Integrasi Multiplaftom Omnichanel
  • Implementasi Whatsapp API Terverifikasi (Centang Hijau)
  • Manajemen Basis Data (Database) Calon Jamaah dan Pelanggan

IMPACT

  • Lebih dari 100 pesan masuk (leads) di platform media sosial dari calon jamaah
  • Lebih dari 3 konversi penjualan (closing conversions) melalui aktivitas pemasaran digital
  • Kemampuan mengirim pesan massal (broadcast) ke lebih dari 2.000 nomor melalui no Whatsapp Terintegrasi
  • Peningkatan layanan pelanggan, berkat intergrasi platform media sosial, web, e-mail, dan call center hotline
pupukid - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial

PT PUPUK INDONESIA

Brand Awareness & Positioning, Media Monitoring, Manajemen Krisis Komunikasi​

CHALLENGES

  • Pengetahuan publik terkait kinerja dan kontribusi perusahaan kepada bangsa dan negara masih rendah
  • Terjadinya kelangkaan pupuk subsidi, membuat citra perusahaan menjadi negatif. Usage, Awareness, & Image (UAI) merek pupuk komersil di kalangan petani (pelanggan) di bawah kompetitor
  • Perusahaan sering mendapatkan serangan negative

SOLUTIONS

  • Optimalisasi media sosial perusahaan, untuk meningkatkan awareness publik terhadap perusahaan melalui kanal digital
  • Optimalisasi Media sosial dalam produksi konten terkait laba, pertumbuhan usaha, serta kinerja keuangan perusahaan
  • Pemanfaatan media monitoring, sebagai mitigasi krisis komunikasi dan berita/ konten negatif
  • Kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) dalam meningkatan jangkauan dan validitas isi pesan di platform digital

IMPACT

  •  Bronze Winner & 2 Silver Winner Ajang PR Indonesia Award 2022
  • Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2022
  • Bronze Winner Anugerah Humas Indonesia 2021
  • The Most Trusted Companies Award 2021
  • Pertumbuhan Kelekatan (Engagement), Impresi (Impressions), Jangkauan (Reach), dan Pengikut (Followers) Media Sosial di atas 100%
Message Us on WhatsApp