CASE STUDIES
PT JASA RAHARJA (Persero)
CHALLENGES
- Nama BRAND Perusahaan Kalah dengan Perusahaan Tol
- Brand kurang dikenal di kalangan anak muda
- Penulisan berita masih sering salah
SOLUTIONS
- Penguatan brand dengan melibatkan inluencer dari kalangan anak muda
- Penguatan brand dengan iklan di media sosial dan tv
- Direksi memberikan edukasi lewat televisi dengan gaya santai
- Pendampingan untuk menetralisir isu-isu negative
IMPACT
- Semakin banyak anak muda yang kenal brand
- Semakin sedikit kesalahan penyebutan nama
- Kesalahan penulisan berita semakin jarang terjadi
- Memenangkan penghargaan
HOLDING PERKEBUNAN PTPN III
CHALLENGES
- Mengubah persepsi publik tentang perusahaan perkebunan yang dulu terus merugi menjadi perusahaan yang profit
- Publikasi di media sosial dan media online masih belum memadai
- Sering terjadi pemberitaan negatif terkait upaya penguasaan lahan
SOLUTIONS
- Membangun strategi komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan publik
- Media sosial dikelola dengan baik dan pemberitaan di media online dibuat terpusat sesuai kebutuhan
- Membuat pelatihan penanganan pemberitaan negatif dan bagaimana menghadapi media, serta kerja sama dengan Key Opinion Leader untuk menguatkan pemberitaan yang positif
IMPACT
- Holding Perkebunan PTN III aktif mempublikasi berita capaian positif dan menjalin hubungan baik dengan media
Tampilan media sosial - Holding Perkebunan jauh lebih baik dari segi tampilan, konten dan konsisten membuat konten baru
- Holding Perkebunan PTN III masuk dalam lima besar BUMN yang aktif di media terpercaya
PT PLN (PERSERO)
CHALLENGES
- Kehadiran PLN di media sosial masih kurang maksimal baik dari segi kuantitas maupun kualitas konten, termasuk engagement yang rendah
- Aplikasi PLN Mobile belum digunakan maksimal oleh pelanggan, dari segi download maupun lama pemakaian
- Live streaming, konten video, dokumentasi video belum dikelo dengan baik
SOLUTIONS
- Perbaikan konten pilar dan variasi konten dibuat lebih variatif dan menarik dilihat, termasuk membuat konten edukasi
- Membuat konten lebih menarik dan variative, serta promosi lebih kuat tentang PLN Mobile
- Pengelolaan dengan SOP tentang live streaming, konten video kekinian, dan ditangani secara professional
IMPACT
- Media sosial PLN lebih menarik, berkelanjutan, relevansi konten, interaksi dan keterlibatan dengan pelannggan jauh lebih baik
- Aplikasi PLN Mobile menjadi lebih sering digunakan dan mencapai target jumlah pemakai dan lama pemakaian
- Live streaming bisa dilakukan dengan teratur dan berjalan dengan baik. Konten video (Reels dan Tiktok) banyak yang viral sampai jutaan viewers
PT KERETA COMMUTER INDONESIA
CHALLENGES
- Disain layout majalah C-New belum maksimal
- Minat pegawai KAI Commuter membaca majalah internal C-News rendah
- Majalah C-News belum cukup memiliki daya saing untuk berkompetisi pada ajang penghargaan majalah internal
SOLUTIONS
- Disain layout majalah dibuat semakin apik dengan gaya disain kekinian
- Dilakukan survey pembaca dengan cara menyebarkan kuesioner ke seluruh pegawai, memintai penilaian pembaca terhadap majalah C-News
- Pemaksimalan disain layout dan pembuatan halaman muka (cover) yang menarik
IMPACT
- Tampilan majalah lebih optimal – atraktif, sarat simbol dan makna
- Konten majalah lebih sesuai dengan gaya dan minat pegawai, sehingga meningkatkan minat baca
- Penyempurnaan disain layout dan halaman muka membuat majalah C-News memenangkan sejumlah penghargaan majalah internal
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (KOMINFO)
CHALLENGES
- Kominfo membutuhkan konten audio visual dari humas kementerian/ lembaga pemerintah berbagai wilayah Indonesia yang memenuhi standar kelaikan
- Tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dari berbagai wilayah di tanah air belum sepenuhnya memahami standar konten audio visual
- Kominfo membutuhkan buku dan video mengenai standardisasi konten audio visual untuk humas kementerian/ lembaga pemerintah
- Kominfo ingin mempublikasikan audio visual yang ada banyak lembaga pemerintah dalam satu kanal
SOLUTIONS
- Pemberian pemahaman mengenai pentingnya pemenuhan standar kelaikan dalam produksi konten audio visual humas kementerian/ lembaga pemerintah
- Melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah untuk memenuhi standar konten audio visual
- Pembuatan buku dan video panduan Standardisasi Konten Audio Visual bagi humas kementerian/ lembaga pemerintah
- Pembuatan stasiun tv yang menjangkau ke pelosok Indonesia
IMPACT
- Humas kementerian/ lembaga pemerintah semakin menyadari akan pentingnya pemenuhan standar kelaikan produksi konten audio visual
- Kemampuan tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dalam membuat konten audio visual yang memenuhi standar kelaikan semakin meningkat
- Lahirlah buku dan video Standardisasi Konten Audio Visual, yang menjadi panduan bagi tenaga-tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah di seluruh Indonesia
- Lahirlah GPR TV
KEMENTERIAN PUPR
CHALLENGES
- Media sosial belum terintegrasi
- Jumlah pemberitaan masih kurang banyak dibanding kementerian lain
- Membuat narasi yang lebih humanis karena yang dikerjakan Kementerian PUPR sifatnya sangat bersifat kebendaan
- Mengumpulkan dokumentasi (video & foto) Kementerian PUPR yang berserakan untuk dijadikan program televisi
- Komunikasi krisis masih sering terjadi di Kementerian PUPR
SOLUTIONS
- Mengintegrasikan media sosial di bawah satu pintu akun resmi Kementerian PUPR
- Membuat akun bayangan Kementerian PUPR (@infrastrukturkeren)
- Mengusulkan Biro Kompu Kementerian PUPR lebih aktif membuat & menyebarkan rilis dengan menekankan manfaat pembangunan infrastruktur
- Menjahit & mengedit footages Kementerian PUPR menjadi rangkaian program televisi PUPR TV yang tayang di kanal YouTube resmi Kementerian PUPR
- Mengadakan workshop komunikasi krisis dengan pemateri juru bicara instansi terkenal di Indonesia
IMPACT
- Media sosial Kementerian PUPR tampil lebih baik & mengalami peningkatan jumlah follower yang signifikan
- Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR mendapatkan jumlah follower yang signifikan
- Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR menjadi partner akun resmi dalam menjawab kritikan warganet
- Jumlah pemberitaan Kementerian PUPR naik signifikan
- PUPR TV kembali mengudara & mendapatkan jumlah subscriber yang signifikan (dari 50 ribu menjadi 120 ribu) selama 6 bulan
- Komunikasi krisis di Kementerian PUPR bisa ditangani dengan sangat baik
KEMENTERIAN PAN-RB
CHALLENGES
- Kurangnya saluran komunikasi di internal kementerian
- Kurangnya media publikasi yang memuat capaian, prestasi, serta karya-karya yang dihasilkan karyawan kementerian
- Penerbitan publikasi internal tidak konsisten dan terjadwal dan yang ada hasilnya alakadarnya
- Banyak capaian kementerian dan program kementerian yang kurang dipublikasikan secara utuh
- Kurangnya media edukasi bagi masyarakat terkait berbagai kebijakan kementerian
SOLUTIONS
- Penerbitan majalah internal menambah saluran komunikasi, khususnya bagi kalangan internal kementerian
- Penerbitan majalah internal lebih mengakomodasi publikasi karya, capaian, dan prestasi-prestasi karyawan secara mendalam dan terjadwal
- Kualitas majalah internal mesti dikelola dengan lebih lebih baik
- Buku menjadi salah satu berfungsi catatan sejarah yang penting bagi kementerian
- Melalui buku, masyarakat menjadi lebih teredukasi secara baik karena informasi disampaikan secara utuh
IMPACT
- Karyawan dan masyarakat menjadi lebih banyak pilihan dalam mengakses informasi
- Kualitas majalah internal menjadi lebih baik
- Jadwal penerbitan majalah lebih teratur dan konsisten
- Masyarakat lebih paham terkait kebijakan yang dikeluarkan kementerian
- Posisi kementerian di mata stakeholder lebih baik
BANK INDONESIA
CHALLENGES
- Media publikasi internal di Bank Indonesia hanya terbatas di kalangan pegawai yang sudah mengenal Majalah Kompak
- Minat baca pegawai BI/Anggota IPEBI terhadap media internal berbagai platform dalam kategori sedang, membaca sesuai kebutuhan
- Majalah KOMPAK dan minisite IPEBI memiliki segmen pembaca yang variatif dan bisa terpilah secara umur, versi cetak semua umur membaca, versi digital 70% pembaca dari 5.500 jumlah anggota, minisite masih sangat rendah tidak sampai 10%, di IG 1%
SOLUTIONS
- Redesign reguler per tahun untuk majalah maksimal per periode kepemimpinan.
- Minisite sudah bagus tinggal dibuat lebih simple dan tampil di ponsel lebih user friendly
- Dilakukan survey pembaca/pengunjung untuk mendapatkan kritik dan saran serta engagement
- Pengelola minisite yang aktif dan krearif
IMPACT
- Tingkat keterbacaan media internal di berbagai platform lebih tinggi. Sesuai minat setiap karyawan
- Konten majalah lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan pembaca/ pengunjung
- Terbangunnya engagement pegawai/ anggota IPEBI terhadap wadah komunikasinya sendiri
PT LG INDONESIA
CHALLENGES
- Fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door yang inovatif belum dipahami dan dikenal secara luas oleh konsumen
- Bentuk pemasaran harus mencakup cara untuk mengedukasi calon konsumen tentang manfaat dan keunggulan fitur ini
SOLUTIONS
- Pesan pemasaran yang disampaikan melalui video, agar sangat mudah dipahami dan dapat menggambarkan keunggulan produk dengan jelas
- Pesan coba fokus pada manfaat unik yang ditawarkan oleh fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door ini
- Konten haruslah yang menarik, informatif, dan kreatif, yang memperlihatkan secara visual fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door dan manfaatnya dengan melibatkan influencer
IMPACT
- Pesan tentang kulkas kulkas LG InstaView Door-in-Door menyebar lebih luas dan mencapai lebih banyak konsumen potensial
- Dengan menggunakan Influencer yang relevan, jangkauan jadi lebih luas dan memiliki basis pengikut yang besar
KEMENTERIAN PERTANIAN
CHALLENGES
- Berita yang menyudutkan Kementerian Pertanian masih sering terjadi
- Kinerja Kementerian Pertanian sering dibenturkan dengan kementerian lain
- Berita-berita negatif bahkan terkadang menyudutkan personal pimpinan
SOLUTIONS
- Pemberitaan tentang Kementrian Pertanian mesti lebih banyak yang menyuarakan isi positif
- Tidak perlu head to head dengan kementerian lain, tetapi menunjukkan prestasi dan konsistensi kebijakan yang propetani
- Melibatkan Key Opinion Leader untuk mengimbangi berita negatif
IMPACT
- Berita negatif terkait program dan kinerja semakin positif
- Semakin jarang perang opini dengan kementrian lain
- Trend berita positif dan netral semakin banyak
CHALLENGES
- Pandemi menghentikan seluruh aktivitas dan operasional bisnis biro perjalanan umrah dan haji
- Konten Media sosial tidak mampu meningkatkan leads dan calon jamaah (potential buyer)
- Interaksi dan komen pada konten Media sosial tidak ditangani dengan baik
- Unit Layanan pelanggan, tidak mampu melayani interaksi dengan jama’ah (potential buyer) di Media sosial
- Konten Media sosial dan web tidak dikelola secara maksimal
SOLUTIONS
- Manajemen Konten Media
- Manajemen Iklan Media Sosial dengan Indikator Performa Utama (Key Performance Indicator -KPI)
- Melakukan digital marketing secara organik dan berbayar
- Manajemen Komunikasi Digital & Integrasi Multiplaftom Omnichanel
- Implementasi Whatsapp API Terverifikasi (Centang Hijau)
- Manajemen Basis Data (Database) Calon Jamaah dan Pelanggan
IMPACT
- Lebih dari 100 pesan masuk (leads) di platform media sosial dari calon jamaah
- Lebih dari 3 konversi penjualan (closing conversions) melalui aktivitas pemasaran digital
- Kemampuan mengirim pesan massal (broadcast) ke lebih dari 2.000 nomor melalui no Whatsapp Terintegrasi
- Peningkatan layanan pelanggan, berkat intergrasi platform media sosial, web, e-mail, dan call center hotline
PT PUPUK INDONESIA
Brand Awareness & Positioning, Media Monitoring, Manajemen Krisis Komunikasi
CHALLENGES
- Pengetahuan publik terkait kinerja dan kontribusi perusahaan kepada bangsa dan negara masih rendah
- Terjadinya kelangkaan pupuk subsidi, membuat citra perusahaan menjadi negatif. Usage, Awareness, & Image (UAI) merek pupuk komersil di kalangan petani (pelanggan) di bawah kompetitor
- Perusahaan sering mendapatkan serangan negative
SOLUTIONS
- Optimalisasi media sosial perusahaan, untuk meningkatkan awareness publik terhadap perusahaan melalui kanal digital
- Optimalisasi Media sosial dalam produksi konten terkait laba, pertumbuhan usaha, serta kinerja keuangan perusahaan
- Pemanfaatan media monitoring, sebagai mitigasi krisis komunikasi dan berita/ konten negatif
- Kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) dalam meningkatan jangkauan dan validitas isi pesan di platform digital
IMPACT
- Bronze Winner & 2 Silver Winner Ajang PR Indonesia Award 2022
- Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2022
- Bronze Winner Anugerah Humas Indonesia 2021
- The Most Trusted Companies Award 2021
- Pertumbuhan Kelekatan (Engagement), Impresi (Impressions), Jangkauan (Reach), dan Pengikut (Followers) Media Sosial di atas 100%