Manfaat Newsletter Bagi Perusahaan

Biasanya, isi newsletter atau buletin email adalah berita baru yang sekiranya penting untuk membuat
audiens mengetahui merek, produk atau layanan yang ditawarkan, dan informasi penting lainnya.
Email merupakan cara campaign bisnis yang dinilai paling hemat biaya, akan tetapi cukup efektif untuk menciptakan prospek sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu, tujuan lain dari penggunaan newsletter adalah dapat membantu brand dalam membangun
hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang. Dalam sebuah riset oleh Nielsen Norman Group yang dikutip dari laman Chron, sebanyak 90% orang lebih suka mendapatkan pembaruan tentang sebuah perusahaan dari buletin. Sementara 10% lainnya lebih memilih untuk mendapatkan informasi terbaru dari brand melalui media sosial.

Manfaat Newsletter Bagi Perusahaan

Newsletter Tentu Memiliki Beberapa Manfaat Bagi Perusahaan

Salah satu strategi dari content marketing adalah membuat konten di berbagai platform media, seperti blog, Youtube, Instagram, dan lainnya. Untuk meningkatkan traffic dari pengunjung konten, newsletter bisa digunakan untuk mempromosikan konten perusahaan. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Apalagi konten yang disediakan sangat berhubungan atau related dengan kehidupan pelanggan. Selain blog perusahaan akan mendapatkan kunjungan, hal ini juga membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam mempromosikan produk atau jasa.

Mendapatkan dan “Membimbing” Lead

Perusahaan dapat membimbing lead yang didapatkan dari pelanggan. Dengan adanya newsletter perusahaan  dapat secara tidak langsung mendapatkan data diri dari pelanggan, seperti informasi pribadi, alamat email, dan lainnya. Hal ini bukan semata-mata karena perusahaan ingin mendapatkan keuntungan sepihak, biasanya ada beberapa perusahaan yang akan mengirimkan kupon, diskon khusus, hingga merchandise khusus untuk pelanggan yang bersedia memberikan data dirinya.

Selain manfaat di atas, newsletter juga berfungsi sebagai media publikasi untuk menaikkan citra perusahaan, sebagai alat komunikasi dengan karyawan perusahaan, penunjang reputasi dan identitas perusahaan, dan lainnya. Newsletter memang sangat penting dan banyak berpengaruh bagi perusahaan.

Bukan hanya masalah citra, namun newsletter juga bisa menjadi langkah untuk konsumen semakin mengenal produk dan perusahaan hingga akhirnya ingin membeli produk dari perusahaan. Dalam membuat newsletter juga tidak bisa asal buat. Ada beberapa trik tertentu yang harus dilakukan agar memiliki tampilan yang menarik bagi pembaca, seperti:

  1. Memiliki tampilan yang responsif.
  2. Menggunakan kata yang simpel dan unik.
  3. Memiliki tampilan dengan visual yang berestetika.
  4. Berisi isi dari berbagai konten yang berbeda.
  5. CTA (Call to Action) yang spesifik, misal klik link website, mengisi survey, dan lainnya.

Ketika mencoba membuat newsletter, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya.
Mencoba memulai membuat newsletter selain diperhatikan dari segi marketing, perhatikan juga
redaksionalnya agar newsletter yang dibuat memiliki value untuk dibaca.

Message Us on WhatsApp