© 2023 - Spora Comm

CASE STUDIES

Case Studies

PT JASA RAHARJA (Persero)

CHALLENGES

  • Nama BRAND Perusahaan Kalah dengan Perusahaan Tol
  • Brand kurang dikenal di kalangan anak muda
  • Penulisan berita masih sering salah

SOLUTIONS

  • Penguatan brand dengan melibatkan inluencer dari kalangan anak muda
  • Penguatan brand dengan iklan di media sosial dan tv
  • Direksi memberikan edukasi lewat televisi dengan gaya santai
  • Pendampingan untuk menetralisir isu-isu negative

IMPACT

  • Semakin banyak anak muda yang kenal brand
  • Semakin sedikit kesalahan penyebutan nama
  • Kesalahan penulisan berita semakin jarang terjadi
  • Memenangkan penghargaan

Case Studies

HOLDING PERKEBUNAN PTPN III

CHALLENGES

  • Mengubah persepsi publik tentang perusahaan perkebunan yang dulu terus merugi menjadi perusahaan yang profit
  • Publikasi di media sosial dan media online masih belum memadai
  • Sering terjadi pemberitaan negatif terkait upaya penguasaan lahan

SOLUTIONS

  • Membangun strategi komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan publik
  • Media sosial dikelola dengan baik dan pemberitaan di media online dibuat terpusat sesuai kebutuhan
  • Membuat pelatihan penanganan pemberitaan negatif dan bagaimana menghadapi media, serta kerja sama dengan Key Opinion Leader untuk menguatkan pemberitaan yang positif

IMPACT

  • Holding Perkebunan PTN III aktif mempublikasi berita capaian positif dan menjalin hubungan baik dengan media
    Tampilan media sosial
  • Holding Perkebunan jauh lebih baik dari segi tampilan, konten dan konsisten membuat konten baru
  • Holding Perkebunan PTN III masuk dalam lima besar BUMN yang aktif di media terpercaya

Case Studies

PT PLN (PERSERO)

CHALLENGES

  • Kehadiran PLN di media sosial masih kurang maksimal baik dari segi kuantitas maupun kualitas konten, termasuk engagement yang rendah
  • Aplikasi PLN Mobile belum digunakan maksimal oleh pelanggan, dari segi download maupun lama pemakaian
  • Live streaming, konten video, dokumentasi video belum dikelo dengan baik

SOLUTIONS

  • Perbaikan konten pilar dan variasi konten dibuat lebih variatif dan menarik dilihat, termasuk membuat konten edukasi
  • Membuat konten lebih menarik dan variative, serta promosi lebih kuat tentang PLN Mobile
  • Pengelolaan dengan SOP tentang live streaming, konten video kekinian, dan ditangani secara professional

IMPACT

  • Media sosial PLN lebih menarik, berkelanjutan, relevansi konten, interaksi dan keterlibatan dengan pelannggan jauh lebih baik
  • Aplikasi PLN Mobile menjadi lebih sering digunakan dan mencapai target jumlah pemakai dan lama pemakaian
  • Live streaming bisa dilakukan dengan teratur dan berjalan dengan baik. Konten video (Reels dan Tiktok) banyak yang viral sampai jutaan viewers

Case Studies

PT KERETA COMMUTER INDONESIA

CHALLENGES

  • Disain layout majalah C-New belum maksimal
  • Minat pegawai KAI Commuter membaca majalah internal C-News rendah
  • Majalah C-News belum cukup memiliki daya saing untuk berkompetisi pada ajang penghargaan majalah internal

SOLUTIONS

  • Disain layout majalah dibuat semakin apik dengan gaya disain kekinian
  • Dilakukan survey pembaca dengan cara menyebarkan kuesioner ke seluruh pegawai, memintai penilaian pembaca terhadap majalah C-News
  • Pemaksimalan disain layout dan pembuatan halaman muka (cover) yang menarik

IMPACT

  • Tampilan majalah lebih optimal - atraktif, sarat simbol dan makna
  • Konten majalah lebih sesuai dengan gaya dan minat pegawai, sehingga meningkatkan minat baca
  • Penyempurnaan disain layout dan halaman muka membuat majalah C-News memenangkan sejumlah penghargaan majalah internal

Case Studies

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (KOMINFO)

CHALLENGES

  • Kominfo membutuhkan konten audio visual dari humas kementerian/ lembaga pemerintah berbagai wilayah Indonesia yang memenuhi standar kelaikan
  • Tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dari berbagai wilayah di tanah air belum sepenuhnya memahami standar konten audio visual
  • Kominfo membutuhkan buku dan video mengenai standardisasi konten audio visual untuk humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Kominfo ingin mempublikasikan audio visual yang ada banyak lembaga pemerintah dalam satu kanal

SOLUTIONS

  • Pemberian pemahaman mengenai pentingnya pemenuhan standar kelaikan dalam produksi konten audio visual humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah untuk memenuhi standar konten audio visual
  • Pembuatan buku dan video panduan Standardisasi Konten Audio Visual bagi humas kementerian/ lembaga pemerintah
  • Pembuatan stasiun tv yang menjangkau ke pelosok Indonesia

IMPACT

  • Humas kementerian/ lembaga pemerintah semakin menyadari akan pentingnya pemenuhan standar kelaikan produksi konten audio visual
  • Kemampuan tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah dalam membuat konten audio visual yang memenuhi standar kelaikan semakin meningkat
  • Lahirlah buku dan video Standardisasi Konten Audio Visual, yang menjadi panduan bagi tenaga-tenaga humas kementerian/ lembaga pemerintah di seluruh Indonesia
  • Lahirlah GPR TV

Case Studies

KEMENTERIAN PUPR

CHALLENGES

  • Media sosial belum terintegrasi
  • Jumlah pemberitaan masih kurang banyak dibanding kementerian lain
  • Membuat narasi yang lebih humanis karena yang dikerjakan Kementerian PUPR sifatnya sangat bersifat kebendaan
  • Mengumpulkan dokumentasi (video & foto) Kementerian PUPR yang berserakan untuk dijadikan program televisi
  • Komunikasi krisis masih sering terjadi di Kementerian PUPR

SOLUTIONS

  • Mengintegrasikan media sosial di bawah satu pintu akun resmi Kementerian PUPR
  • Membuat akun bayangan Kementerian PUPR (@infrastrukturkeren)
  • Mengusulkan Biro Kompu Kementerian PUPR lebih aktif membuat & menyebarkan rilis dengan menekankan manfaat pembangunan infrastruktur
  • Menjahit & mengedit footages Kementerian PUPR menjadi rangkaian program televisi PUPR TV yang tayang di kanal YouTube resmi Kementerian PUPR
  • Mengadakan workshop komunikasi krisis dengan pemateri juru bicara instansi terkenal di Indonesia

IMPACT

  • Media sosial Kementerian PUPR tampil lebih baik & mengalami peningkatan jumlah follower yang signifikan
  • Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR mendapatkan jumlah follower yang signifikan
  • Akun bayangan media sosial Kementerian PUPR menjadi partner akun resmi dalam menjawab kritikan warganet
  • Jumlah pemberitaan Kementerian PUPR naik signifikan
  • PUPR TV kembali mengudara & mendapatkan jumlah subscriber yang signifikan (dari 50 ribu menjadi 120 ribu) selama 6 bulan
  • Komunikasi krisis di Kementerian PUPR bisa ditangani dengan sangat baik

Case Studies

KEMENTERIAN PAN-RB

CHALLENGES

  • Kurangnya saluran komunikasi di internal kementerian
  • Kurangnya media publikasi yang memuat capaian, prestasi, serta karya-karya yang dihasilkan karyawan kementerian
  • Penerbitan publikasi internal tidak konsisten dan terjadwal dan yang ada hasilnya alakadarnya
  • Banyak capaian kementerian dan program kementerian yang kurang dipublikasikan secara utuh
  • Kurangnya media edukasi bagi masyarakat terkait berbagai kebijakan kementerian

SOLUTIONS

  • Penerbitan majalah internal menambah saluran komunikasi, khususnya bagi kalangan internal kementerian
  • Penerbitan majalah internal lebih mengakomodasi publikasi karya, capaian, dan prestasi-prestasi karyawan secara mendalam dan terjadwal
  • Kualitas majalah internal mesti dikelola dengan lebih lebih baik
  • Buku menjadi salah satu berfungsi catatan sejarah yang penting bagi kementerian
  • Melalui buku, masyarakat menjadi lebih teredukasi secara baik karena informasi disampaikan secara utuh

IMPACT

  • Karyawan dan masyarakat menjadi lebih banyak pilihan dalam mengakses informasi
  • Kualitas majalah internal menjadi lebih baik
  • Jadwal penerbitan majalah lebih teratur dan konsisten
  • Masyarakat lebih paham terkait kebijakan yang dikeluarkan kementerian
  • Posisi kementerian di mata stakeholder lebih baik

Case Studies

BANK INDONESIA

CHALLENGES

  • Media publikasi internal di Bank Indonesia hanya terbatas di kalangan pegawai yang sudah mengenal Majalah Kompak
  • Minat baca pegawai BI/Anggota IPEBI terhadap media internal berbagai platform dalam kategori sedang, membaca sesuai kebutuhan
  • Majalah KOMPAK dan minisite IPEBI memiliki segmen pembaca yang variatif dan bisa terpilah secara umur, versi cetak semua umur membaca, versi digital 70% pembaca dari 5.500 jumlah anggota, minisite masih sangat rendah tidak sampai 10%, di IG 1%

SOLUTIONS

  • Redesign reguler per tahun untuk majalah maksimal per periode kepemimpinan.
  • Minisite sudah bagus tinggal dibuat lebih simple dan tampil di ponsel lebih user friendly
  • Dilakukan survey pembaca/pengunjung untuk mendapatkan kritik dan saran serta engagement
  • Pengelola minisite yang aktif dan krearif

IMPACT

  • Tingkat keterbacaan media internal di berbagai platform lebih tinggi. Sesuai minat setiap karyawan
  • Konten majalah lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan pembaca/ pengunjung
  • Terbangunnya engagement pegawai/ anggota IPEBI terhadap wadah komunikasinya sendiri

Case Studies

PT LG INDONESIA

CHALLENGES

  • Fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door yang inovatif belum dipahami dan dikenal secara luas oleh konsumen
  • Bentuk pemasaran harus mencakup cara untuk mengedukasi calon konsumen tentang manfaat dan keunggulan fitur ini

SOLUTIONS

  • Pesan pemasaran yang disampaikan melalui video, agar sangat mudah dipahami dan dapat menggambarkan keunggulan produk dengan jelas
  • Pesan coba fokus pada manfaat unik yang ditawarkan oleh fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door ini
  • Konten haruslah yang menarik, informatif, dan kreatif, yang memperlihatkan secara visual fitur kulkas LG InstaView Door-in-Door dan manfaatnya dengan melibatkan influencer

IMPACT

  • Pesan tentang kulkas kulkas LG InstaView Door-in-Door menyebar lebih luas dan mencapai lebih banyak konsumen potensial
  • Dengan menggunakan Influencer yang relevan, jangkauan jadi lebih luas dan memiliki basis pengikut yang besar

Case Studies

KEMENTERIAN PERTANIAN

CHALLENGES

  • Berita yang menyudutkan Kementerian Pertanian masih sering terjadi
  • Kinerja Kementerian Pertanian sering dibenturkan dengan kementerian lain
  • Berita-berita negatif bahkan terkadang menyudutkan personal pimpinan

SOLUTIONS

  • Pemberitaan tentang Kementrian Pertanian mesti lebih banyak yang menyuarakan isi positif
  • Tidak perlu head to head dengan kementerian lain, tetapi menunjukkan prestasi dan konsistensi kebijakan yang propetani
  • Melibatkan Key Opinion Leader untuk mengimbangi berita negatif

IMPACT

  • Berita negatif terkait program dan kinerja semakin positif
  • Semakin jarang perang opini dengan kementrian lain
  • Trend berita positif dan netral semakin banyak

Case Studies

PT Nur Rima Alwali (NRA TRAVEL Grup)

Digital Marketing & Digital Communications

CHALLENGES

  • Pandemi menghentikan seluruh aktivitas dan operasional bisnis biro perjalanan umrah dan haji
  • Konten Media sosial tidak mampu meningkatkan leads dan calon jamaah (potential buyer)
  • Interaksi dan komen pada konten Media sosial tidak ditangani dengan baik
  • Unit Layanan pelanggan, tidak mampu melayani interaksi dengan jama'ah (potential buyer) di Media sosial
  • Konten Media sosial dan web tidak dikelola secara maksimal

SOLUTIONS

  • Manajemen Konten Media
  • Manajemen Iklan Media Sosial dengan Indikator Performa Utama (Key Performance Indicator -KPI)
  • Melakukan digital marketing secara organik dan berbayar
  • Manajemen Komunikasi Digital & Integrasi Multiplaftom Omnichanel
  • Implementasi Whatsapp API Terverifikasi (Centang Hijau)
  • Manajemen Basis Data (Database) Calon Jamaah dan Pelanggan

IMPACT

  • Lebih dari 100 pesan masuk (leads) di platform media sosial dari calon jamaah
  • Lebih dari 3 konversi penjualan (closing conversions) melalui aktivitas pemasaran digital
  • Kemampuan mengirim pesan massal (broadcast) ke lebih dari 2.000 nomor melalui no Whatsapp Terintegrasi
  • Peningkatan layanan pelanggan, berkat intergrasi platform media sosial, web, e-mail, dan call center hotline

Case Studies

PT PUPUK INDONESIA

Brand Awareness & Positioning, Media Monitoring, Manajemen Krisis Komunikasi​

CHALLENGES

  • Pengetahuan publik terkait kinerja dan kontribusi perusahaan kepada bangsa dan negara masih rendah
  • Terjadinya kelangkaan pupuk subsidi, membuat citra perusahaan menjadi negatif. Usage, Awareness, & Image (UAI) merek pupuk komersil di kalangan petani (pelanggan) di bawah kompetitor
  • Perusahaan sering mendapatkan serangan negative

SOLUTIONS

  • Optimalisasi media sosial perusahaan, untuk meningkatkan awareness publik terhadap perusahaan melalui kanal digital
  • Optimalisasi Media sosial dalam produksi konten terkait laba, pertumbuhan usaha, serta kinerja keuangan perusahaan
  • Pemanfaatan media monitoring, sebagai mitigasi krisis komunikasi dan berita/ konten negatif
  • Kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) dalam meningkatan jangkauan dan validitas isi pesan di platform digital

IMPACT

  •  Bronze Winner & 2 Silver Winner Ajang PR Indonesia Award 2022
  • Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2022
  • Bronze Winner Anugerah Humas Indonesia 2021
  • The Most Trusted Companies Award 2021
  • Pertumbuhan Kelekatan (Engagement), Impresi (Impressions), Jangkauan (Reach), dan Pengikut (Followers) Media Sosial di atas 100%

Message Us on WhatsApp