Public Relation Specialist

Public Relation Specialist atau Hubungan Masyarakat adalah menciptakan dan memelihara citra publik yang menguntungkan bagi organisasi yang mereka wakili.

Serba-Serbi Tugas Spesialis Hubungan Masyarakat (Public Relation Specialist)

Fungsi Hubungan Masyarakat (Humas) adalah untuk menciptakan dan memelihara citra publik yang menguntungkan bagi organisasi yang mereka wakili. Secara garisbesar, Humas (Public Relation Spesialist) biasanya melakukan hal-hal sebagai berikut:

Public Relation Specialist
  1. Menulis siaran pers dan menyiapkan informasi untuk media.
  2. Menanggapi permintaan informasi dari media.
  3. Membantu klien berkomunikasi secara efektif dengan publik.
  4. Membantu menjaga citra dan identitas perusahaan organisasi yang diwakili.
  5. Menyiapkan draf pidato dan mengatur wawancara untuk eksekutif puncak organisasi.
  6. Mengevaluasi program periklanan dan promosi untuk menentukan apakah kompatibel dengan program Humas.
  7. Mengevaluasi opini publik klien melalui media sosial.
  8. Menangani komunikasi organisasi dengan publik, termasuk konsumen, investor, wartawan, dan spesialis media lainnya.
  9. Berkaitan dengan organisasi pemerintahan, hubungan masyarakat memberi informasi kepada publik tentang kegiatan pejabat dan instansi pemerintah.
  10. Public Relation Specialist juga menyusun siaran pers dan menghubungi orang-orang di media untuk memublikasikan materi mereka. Banyak laporan khusus radio atau televisi, cerita surat kabar, dan artikel majalah dimulai di meja spesialis Humas. Misalnya, siaran pers terkait masalah publik seperti kesehatan, energi, atau lingkungan, dan apa saja yang dilakukan organisasi terkait masalah tersebut.
  11. Siaran pers semakin banyak dikirim melalui internet dan media sosial, selain publikasi melalui media tradisional. Spesialis Humas sering bertugas mengawasi dan merespons pertanyaan dan masalah media sosial.
  12. Berbeda dengan pengiklan, Spesialis Humas menyampaikan materi untuk diliput oleh media baik cetak maupun elektronik.
Message Us on WhatsApp