5 Metrik Sosial Media yang Penting Diperhatikan

Memahami dan mempelajari 5 metrik/ parameter sosial media sangat penting untuk memperkuat hubungan akun sosial media dengan follower/ pengikut Anda. Berikut adalah beberapa metrik yang perlu diperhatikan:

5 Metrik Sosial Media yang Penting Diperhatikan
  1. Jangkauan (Reach). Jangkauan sebuah posting adalah jumlah pengguna unik yang melihat pos Anda. Seberapa jauh konten Anda menyebar di sosial? Apakah posting Anda benar-benar menjangkau feed pengguna? Melacak reach merupakan hal penting di antara metrik sosial media yang lain.
  2. Keterlibatan (Engangement). Jumlah total interaksi sosial dibagi dengan jumlah tayangan. Kegunaan metrik ini untuk melihat siapa yang berinteraksi dan untuk menilai rasio dari total ‘reach’. Angka ini menjelaskan seberapa baik audiens Anda memahami Anda dan kesediaan mereka untuk berinteraksi.
  3. Kinerja hashtag (Hashtag Performance). Apa tagar yang paling sering Anda gunakan? Tagar apa yang paling dikaitkan dengan merek Anda? Atau tagar apa yang paling banyak meningkatkan engagement?
  4. Like organik dan like berbayar: Lebih dari sekadar ‘like’ standar, ‘like’ ini ditentukan dari konten berbayar atau organik. Untuk saluran seperti Facebook, keterlibatan organik jauh lebih sulit untuk mendapatkan daya tarik, itulah sebabnya banyak merek beralih ke Iklan Facebook.
  5. Sentimen (Sentiment). Ini untuk mengetahui bagaimana pengguna bereaksi terhadap konten, merek, atau tagar Anda. Apa jenis sentimen yang dikaitkan netizen dengan tagar kampanye Anda? Pendek kata, strategi pemasaran media sosial yang efektif berakar pada angka. Angka-angka itu perlu diterjemahkan dalam konteks perencanaan untuk tetap sejalan dengan tujuan kampanye sosial media yang Anda lakukan.
Message Us on WhatsApp