Pentingnya Hubungan Media (Media Relation) untuk Bisnis Anda

Hubungan media (Media Relation) adalah bagian vital dari Hubungan Masyarakat (Public Relation). Banyak organisasi salah mengartikan perbedaan antara pemasaran, iklan langsung, dan hubungan media. Tujuan utama Media Relation adalah untuk mendapatkan liputan media tanpa mengeluarkan uang secara langsung melalui iklan.

Fungsi Hubungan Media (Media Relation)

Pentingnya Hubungan Media (Media Relation) untuk Bisnis Anda

Memilih dan menempatkan cerita adalah peran umum dari hubungan media. Membangun hubungan mutualisme dengan media merupakan bagian paling penting dari hubungan media. Idenya adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi wartawan sebagai juru bicara perusahaan dan menjadi sumber daya terpercaya bagi wartawan.

Eksekusi Hubungan Media (Media Relation)

Eksekusi Hubungan Media

Baca dan cerna semua liputan media baru dan media mainstream terkait perusahaan Anda. Sertakan media lokal, outlet online, dan blogger karena umpan RSS penting untuk penerbitan online. Cari tahu outlet-outlet yang meliput dan Anda ingin meliput organisasi Anda. Cari tahu naskah seperti apa yang ingin mereka tulis. Setelah penelitian yang tepat, saring cerita yang sesuai untuk outlet tertentu. Gunakan sumber daya internet untuk melacak cerita, penulis, dan masalah melalui layanan lacakan online seperti Google Alert, Facebook, dan lain-lain.

Memahami kebutuhan wartawan, tahu apa yang mereka tulis dan tahu untuk menepati tenggat waktu mereka. Tiga hal penting tersebut perlu diperhatikan dalam membangun hubungan dengan media. Tuliskan highlight individu untuk menargetkan blogger atau reporter tertentu sesuai ciri khasnya.

Berkomunikasilah dengan manajemen dengan menyusun dan mendistribusikan ‘laporan kliping elektronik’ mingguan dan harian.

Kembangkan rencana Hubungan Media yang mendukung tujuan organisasi dan berbicara tentang peluang publikasi. Idealnya, keseimbangan yang baik antara hubungan masyarakat dan hubungan media adalah strategi yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan.

Message Us on WhatsApp