Jasa Pembuatan Annual Report dan Sustainability Report

Annual report adalah buku yang dibuat secara khusus untuk mempublikasikan kondisi   keuangan dari seluruh aktivitas perusahaan dalam periode satu tahun. Selain itu, annual report juga berisi informasi mengenai pencapaian dan perkembangan perusahaan selama satu tahun. Sehingga annual report haruslah berisi informasi yang akurat agar dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan dari dibuatnya annual report adalah untuk memberikan laporan kepada para investor juga kreditur. Salah satu sifat annual report haruslah dibuat seringkas mungkin agar mudah dibaca. Selain itu di dalam annual report juga terdapat rencana manajem untuk masa depan.

Beberapa perusahaan diwajibkan untuk membuat laporan tahuan atau annual report, salah satunya perusahaan terbuka (Tbk) atau sudah IPO alias sudah melantai di Bursa Efek.    Biar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut!

Fungsi Annual Report

  • Menyajikan informasi keuangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun
  • Memberikan informasi lengkap neraca dan laporan laba rugi dalam satu tahun
  • Sebagai alat pemasaran untuk menunjukkan perusahaan memiliki citra yang baik
  • Menarik minat konsumen, investor, dan calon investor dan calon investor untuk berinvestasi di perusahaan
  • Memamerkan produk dan inovasi perusahaan atau proyek di masa depan
  • Sebagai bahan evaluasi oleh investor untuk menilai efektivitas investasi pada perusahaan
planning collaboration data analyst talking strategy meeting with annual report documents accounting team discussion budget profit startup with vision mission success 1 - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial
Planning, collaboration and data analyst talking strategy in meeting with annual report documents. Accounting team discussion for budget and profit for startup with a vision and mission for success.

Apa Saja yang Ada dalam Annual Report?

Penyusunan annual report haruslah rapi, akurat, dan teliti agar tak ada kekeliruan yang berdampak pada citra perusahaan. Maka dari itu, pembuatan annual report haruslah memperhatikan hal-hal berikut:

  • Surat dari manajemen kepada pemegang saham
  • Rangkuman data keuangan, kondisi perusahaan dari tahun ke tahu sejak didirikan
  • Laporan dewan komisaris, dewan direksi, dan profil perusahaan
  • Analisa laporan keuangan dari pihak manajemen  
  • Catatan manajemen dalam laporan keuangan
  • Tata kelola perusahaan (corporate governance) mengenai hubungan dengan para stakeholder
  • Laporan keuangan perusahaan tahunan yang sudah diaudit oleh kantor akuntan publik.
  • Laporan keuangan, terdiri dari: laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, ekuitas pemegang saham, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan, dan daftar nama direktur dan komisaris
  • Pernyataan auditor terhadap laporan keuangan perusahaan
  • Tanda tangan dewan komisaris dan direksi.

Saat ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai bagaimana membuat annual report dan sustainability report yang tepat juga mudah dipahami. Spora Comm hadir untuk memberi solusi. Dengan pengalaman menahun dan tenaga kerja yang ahli, Spora Comm mampu menjadi pilihan terbaik Anda sebagai penyedia jasa annual report juga jasa sustainability report.

Spora Comm juga menghadirkan pelaporan yang akurat dan aktual dengan penulisan dan grafis yang menarik sehingga mudah dibaca dan dimengerti oleh pihak eksternal. Sehingga annual report dan sustainability report milik perusahaan Anda menjadi lebih efisien. Spora Comm juga mengerti tentang prosedur yang harus dipenuhi dalam pembuatan annual report sebagaimana disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ingin tahu lebih lengkap mengenai jasa pembuatan annual report dan Ssustainability Report Spora Comm? Silakan langsung klik di sini.

Message Us on WhatsApp