Jasa Pembuatan Sustainability Report

lifestyle beautiful asian business young woman using laptop computer smart phone office desk 1 - Jasa Penyebaran Press Release, Jasa Pembuatan Press Release, Jasa Penulisan Buku Sustainable Report, Jasa Pengelolaan Majalah Internal, Jasa Penulisan Buku Annual Report, Jasa Production House, Jasa Branding Produk, Jasa Personal Branding, Jasa Pelatihan Komunikasi Publik, Jasa Pengelolaan Media Sosial
lifestyle beautiful Asian business young woman using laptop computer and smart phone on office desk , business concept.

Seperti halnya annual report yang diterbitkan setiap tahun, sustainability report atau laporan keberlanjutan juga merupakan laporan berkala yang diterbitkan setiap tahun. Sustainability report sendiri diterbitkan dengan tujuan untuk berbagi tindakan dan hasil tanggung jawab sosial sebuah perusahaan. Ada tiga aspek utama yang dijabarkan dalam sustainability report, yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Sustainability sendiri memungkinkan perusahaan mempertimbangkan dampak perusahaannya terhadap berbagai masalah keberlanjutan. Sehingga memungkinkan perusahaan tersebut lebih transpran mengenai risiko juga peluang yang mereka hadapi.

Sustainability report juga memegang peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan. Laporan yang dibuat mendorong kepercayaan masyarakat pada perusahaan sehingga mampu mengoptimalkan reputasi perusahaan. Selain itu, berdasarkan penelitian, perusahaan yang mengeluarkan sustainability report memiliki Kaplan-Zingales, yaitu indeks skor 0,6 lebih dan postif untuk meningkatkan akses modal perusahaan.

Manfaat Sustainability Report Bagi Pihak Internal

Pentingnya sustainability bagi pihak internal adalah memungkinkan perusahaan dalam mempertimbangkan dampak operasi atau program perusahaan terhadap lingkungan, masyarakat dan ekonomi. Selain itu, perusahaan juga menjadi lebih siap dalam mengoptimalkan dan mengurangi konsumsi energi. Hal tersebut sebagai hasil dari peninjauan strategi inovasi produk siklus limbah.

Berikut adalah manfaat sustainability report bagi pihak internal

  • Peningkatan pemahaman mengenai risiko dan peluang
  • Menekankan keterkaitan antara kinerja keuangan dan non keuangan
  • Mempengaruhi strategi dan kebijakan manajeman jangka panjang dan rencana bisnis
  • Memperlancar proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi
  • Menghindari keterlibatan dalam kegagalan lingkungan, sosial dan tata kelola yang dipublikasikan
  • Sebagai tolok ukur dan penilaian kinerja keberlanjutan sehubungan dengan hukum, norma, kode, standar kerja, dan inisiatif sukareja

Manfaat Sustainability Report Bagi Pihak Eksternal

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pihak eksternal

  • Mengurangi dampak lingkungan, sosial dan tata kelola yang negative
  • Meningkatkan reputasi dan loyalitas merek
  • Memungkinkan pemangku kepentingan eksternal untuk memahami nilai sebenarnya organisasi, serta aset berwujud dan tidak berwujud
  • Menunjukkan bagaimana organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh ekspektasi tentang pembangunan berkelanjutan

Hal yang Harus Ada dalam Sustainability Report

Berikut adalah hal-hal yang harus ada dalam pembuatan sustainability report, antara lain:

  • Strategi dan profil organisasi
  • Parameter laporan seperti periode pelaporan, tangal laporan sebelumnya, siklus pelaporan, serta alamat
  • Tata kelola organisasi, komitmen inisiatif eksternal, dan keterlibatan pemangku kepentingan
  • Tanggung jawab pada lingkungan

Demikian hal-hal yang perlu dipahami mengenai annual report dan sustainability report. Perlu diingat, annual report dan sustainability report yang memuat data laporan keuangan juga lingkungan sosial masyarakat haruslah akurat karena merupakan data penting perusahaan. Terlebih karena keduanya juga berperan dalam penting dalam mengundang dan menarik minat para investor.

Saat ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai bagaimana membuat annual report dan sustainability report yang tepat juga mudah dipahami. Spora Comm hadir untuk memberi solusi. Dengan pengalaman menahun dan tenaga kerja yang ahli, Spora Comm mampu menjadi pilihan terbaik Anda sebagai penyedia jasa annual report juga jasa sustainability report.

Spora Comm juga menghadirkan pelaporan yang akurat dan aktual dengan penulisan dan grafis yang menarik sehingga mudah dibaca dan dimengerti oleh pihak eksternal. Sehingga annual report dan sustainability report milik perusahaan Anda menjadi lebih efisien. Spora Comm juga mengerti tentang prosedur yang harus dipenuhi dalam pembuatan annual report sebagaimana disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Ingin tahu lebih lengkap mengenai jasa pembuatan annual report dan sustainability Report Spora Comm? Silakan langsung klik di sini.

Message Us on WhatsApp